Happy Halloween!

IMG_1152-0.JPG

Mungkin ini sedikit terlambat dengan ucapan yang lainnya, akan tetapi tetap saja, selamat hari Halloween untuk semua yang merayakan! 😄🎃👻

Halloween merupakan salah satu kebudayaan yang berasal dari negara Amerika Serikat. Hal ini muncul dari anggapan masyarakat dulu merasa adanya gangguan supranatural setiap hari Halloween oleh Jack. Jack adalah sesok makhkuk supranatural dengan kepala berbentuk labu sambil membawa sebuah lentera dan masuk ke rumah rumah. Konin, tiap rumah yang telah dimasukin akan mendapatkan malapetaka. Oleh karena itu, banyaknya masyarakat yang berbondong – bondong membuat ukiran dari labu dengan muka Jack yang di dalamnya diterangi oleh sebuah lilin atau lampu kecil yang kemudian dipasang di depan rumah. Hal ini agar ketika Jack tidak lagi masuk ke rumah tersebut dan mengelabui dia kalau Jack sudah masuk ke rumah tersebut.

Bagaimana dengan Halloween jaman sekarang?

Seiring berjalannya waktu, hari Halloween bukanlah lagi sebagai hari pengusiran Jack bagi warga Amerika, melainkan hari pesta kostum dan medapatkan coklat atau permen. Banyaknya anak – anak dan remaja yang akan berkostum seram atau tokoh kesukaannya dan mendatangi tiap rumah untuk mendapatkan permen dan coklat. Uniknya, ada sebuah kode atau sandi untuk mendapatkan hal itu. Ketika kita berada di depan rumah orang, maka kita wajib mengucapkan “trick or treat” ketika pemilik rumah menjawab trick, berarti dia akan membuat sebuah jebakan atau misi untuk kita jalankan. Sedangkan treat, kita akan mendapatkan tantangan dari pemilik rumah tersebut.

Setiap tahunnya, hari Halloween yang jatuh pada tiap 31 Oktober ini menjadi salah satu hari yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Amerika khususnya anak – anak dan remaja. Akan tetapi, seiring berkembangnya jaman, perayaan Halloween bukanlah lagi menjadi budaya suatu negara melainkan menjadi sebuah budaya global. Banyaknya negara yang ikut merayakan hari Halloween menjadi sebuah fenomena kecil di dunia global. Betapa kuatnya arus globalisasi ini menyeret sebagian negara ikut dalam sungai globalisasi. Hari Halloween yang menjadi agenda tiap tahun kini tidak hanya ditunggu oleh warga Amerika, melainkan negara – negara yang terbawa arus pula.

Bagaimana dengan hari Halloween Anda?

IMG_1190.JPG

<a
(Me: costum and makeup inspired from Insidious)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s